Makin Disukai, Tahun Ini Kementan Genjot Ekspor Kopi Ke Mancanegara

Topografi tanah berbukit dengan gunung-gunung vulkanik membuat Indonesia dianugerahi tanah yang subur dan cocok ditanami kopi. “Selama Pandemi meningkatkan kualitas brand agar lebih tercipta kualitas biji kopi yang bagus. Jadi menaikkan brand kopi Indonesia di mata dunia,” katanya. “Kami di Kementerian Pedagangan juga mencermati beberapa potensi ke depan untuk potensi ekspor kopi.

Kendati begitu, produksi kopi per hektar Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara utama penghasil kopi lainnya. Di 2015, Indonesia memproduksi 741 kilogram biji robusta per hektar dan 808 kilogram biji arabika per hektar. Di Vietnam, angka ini mencapai 1.500 kilogram per hektar di di Brazil mencapai 2.000 kilogram per hektar. “Kita tetap optimis para eksportir kopi Indonesia masih tetap dapat mengekspor produknya ke Mesir. Pemerintah Mesir bahkan memberi kemudahan terhadap impor komoditas pangan selama masa COVID-19.

Pada Tahun 2017 kegiatan dikembangkan dengan beberapa penyempurnaan konsep dan teknis pelaksanaan sesuai dengan perkembangan dan permasalahan yang dihadapi selama melaksanakan kegiatan PUPM tahun 2016 baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Dari complete produksi tersebut, hampir eighty persennya dipasarkan ke luar negeri melalui ekspor. Belakangan kopi Gayo termasuk dalam jajaran kopi termahal di dunia karena rasa dan aromanya yang spesifik dan budidayanya tetap mepertahankan sistem organik. Sementara itu Ketua KBQ Baburrayyan, Rizwan Husin, SE Ak menyambut antusias fasilitasi dari Kementerian Pertanian tersebut.

Membuat ekspor kopi

Hal ini merupakan pertanda baik bagi produksi kopi untuk dapat menembus pasaran ekspor. Pimpinan CV Anugrah Santoso Sejahtera, pedagang besar kopi di Dampit, Kabupaten Malang, Hasan, mengatakan, pengenaan PPN terhadap komoditas kopi terpaksa dikompensasikan terhadap harga kopi di tingkat petani. Apabila, tidak dikenakan PPN, pihaknya bisa beli kopi petani Rp25.000/Kilogram jenis robusta. Dengan meningkatkan luas perkebunan, produksi kopi Indonesia dalam 10 tahun ke depan ditargetkan untuk mencapai antara 900 ribu ton sampai 1,2 juta ton per tahun. Wilayah subtropis dan tropis merupakan lokasi yang baik untuk budidaya kopi.

Indonesia juga terkenal karena memiliki sejumlah kopi khusus seperti ‘kopi luwak’ dan ‘kopi Mandailing’ . Berkaitan dengan komoditi-komoditi agrikultur, kopi adalah penghasil devisa terbesar keempat untuk Indonesia setelah minyak sawit, karet dan kakao. Meskipun Indonesia memiliki 270 juta penduduk yang juga merupakan konsumen kopi, sekitar persen produksi biji kopi Indonesia dilaporkan diekspor ke pasar global. Ini artinya masih besar ruang kapasitas untuk melakukan ekspor kopi walaupun konsumsi kopi dalam negeri juga tinggi.

Hal ini tentunya akan mampu menjamin kestabilan suplai sekaligus membuat harga kopi Indonesia lebih kompetitif. Berikut ini kami lampirkan Peraturan Ekspor Kopi sesuai Permendag eighty Tahun 2019 yang bisa didownload sebagai bahan referensi untuk kegiatan ekspor kopi. Meski memiliki kilang minyak dan minyak mentah menjadi ekspor utama mereka, nyatanya negara itu tetap terjerumus dalam kelaparan.

“Kami berharap, Indonesian Coffee Shop dapat menarik pengunjung dan lebih memperkenalkan produk Indonesia di Meksiko,” kata Husodo. Jenis kopi ini disajikan ke kopi americano, cappucino, latte, maupun dalam bentuk biji kopi,” tutur Husodo. Menurutnya, produk kopi merupakan pintu bagi pelaku usaha di Meksiko agar tertarik dengan produk lain dari Indonesia. ITPC berharap kedai kopi bisa menjadi ajang promosi berbagai produk unggulan Indonesia lainnya. Di sisi lain, Gandhi menegaskan ketika harga jual kopi ditekan maka semangat petani kopi untuk memperbaiki/merawat tanaman tersebut bisa turun. Akibatnya pengekspor dapat kekurangan barang maka komoditas kopi perlu dikembalikan seperti dulu atau tanpa dikenakan PPN.

Biji kopi yang masih dilindungi kulit keras tidak tecerna akan keluar besamaan kotoran luwak. Tetapi hanya wadah-wadah kaca berisi biji kopi dari daerah-daerah di Indonesia. Indonesian Trade Promotion Center Mexico City memiliki strategi baru untuk meningkatkan ekspor kopi nusantara dan promosi produk Indonesia lainnya, ITPC Mexico City membuka kedai kopi . Kedai kopi ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi berbagai produk unggulan Indonesia lainnya.